Sabtu, 08 Januari 2011

Semangat muda..

SEMANGAT MUDA BISA DIMILIKI OLEH SEMUA USIA!!!
Terinspirasi dari seorang kakek pemilik sebuah toko jam dan arloji di kota Bogor, tepatnya di daerah jembatan merah.


Hari itu saya BT sekali, karena permasalahan yang ada di kantor. Hmnn.. dari sekian banyak masalah ditambah lagi rusaknya salah satu "gadget wajib" saya di kantor. YA! "gadget" itu adalah sebuah stopwatch merk casio yang dipinjamkan kantor untuk memenuhi kebutuhan tugas di kantor, menghitung cycle time.
hahahaaa... biasa saya sebut si putih.

Baru 2 minggu saya memegang stopwatch tersebut, dan hari itu, stopwatch jatuh di pabrik kemudian tak dapat digunakan lagi. Arrrgh.. sial, saya tak tahu apakah stopwatch itu bisa diperbaiki atau tidak, karena jika harus menggantinya, hmnn.. habislah saya. berarti harus menunggu gajian, untuk membelinya, lalu apa yang saya gunakan besok? tak mungkin pake hp di pabrik, karena itu dilarang. Harus minta yang baru dan siap-siap diomelin aja..
Sepulang kerja, kira-kira pukul 7 malam, saya langsung melesat ke toko jam dan arloji. Setelah mencari-cari akhirnya dapet juga deh.


Toko apa namanya saya lupa. Yang jelas, di sana terdapat banyak sekali jam dinding dan arloji bermerk dan mahal. 
"mas, bisa servis ini ga?" (sambil mengeluarkan si putih)
"knp mba?"
"tadi siang jatuh, trus ga bisa nyala lagi"
"Hmn.. klo casio biasanya jarang rusak, batrenya abis kali mba.. dicoba diganti aja dulu"
"mas bisa?"
(ya iyalah neng, saya kan tukang jam!!) saya yakin dalam hati mas itu berkata demikian.. haha..
dia hanya mengangguk, lalu saya memberikan si putih kepada abangnya, berharap tak harus menggantinya dengan yang baru.
Sembari menunggu, saya memperhatikan keadaan sekitar. Tokonya nyaman bergaya tua, disana hanya terdapat 2 orang saja. Satu mas-mas yang sedang membongkar si putih, berusia sekitar 27 - 30 thn, putih dan sipit. Satu lagi, nah ini... seorang kakek, sang pemilik toko.
Seperti kakek biasanya, rambutnya putih, berkacamata, tak terlalu kurus, tapi tak pula gemuk. Sedang memegang kalkulator dan menghitung sejumlah angka di kertas. Pastinya itu adalah hasil penjualan tokonya. 
Yang menarik dari kakek itu adalah dia sangat asyik melakukan pekerjaannya. Dengan lagu yang membahana di toko itu. Dia dengan semangat menyanyikan liriknya. Can't help falling in love, lagunya... sambil berjogget sedikit-sedikit. Pandangannya tak pernah lepas dari kertas dan kalkulator. Aku yakin yang dia lakukan tidak mudah. Tapi beliau begitu menikmati hidupnya..begitu bahagiaaa..
Saya merasa malu, setiap hari selalu mengeluh dalam hati dan merasa capek untuk kembali ke kantor. 
Lalu malam ini, saya lihat semangat muda seorang kakek di toko jam sederhana.
Saya malu, sedikit masalah yang saya hadapi di kantor, sering sekali membuat saya tak bisa berbahagia.
hahaha.. saya lupa tentang semangat muda!
Hal yang patut ditiru, kebahagiannya dalam menjalani hidup. Seberapa sulit pun yang dijalani. 
Semangat tak hanya dimiliki anak muda, bahkan yang muda pun, sering lupa akan semangat hidup.
Hari ini saya terinspirasi, adalah niat untuk bahagia dan menikmati hidup datangnya dari dalam diri kita sendiri.
Setiap orang pasti punya masalah,yang hanya dia yang dapat menyelesaikannya. Bahagia adalah pilihan.
Pilihan kita apakah mau bahagia atau tidak. 
"mba,, jam nya sudah selesai, udah bisa jalan nih"
"Alhamdulillaaaaaaaaaaaaah..makasih mas, berapa?"
lalu mas memanggil kokohnya (yang tadi saya sebut kakek)
"koh, ada yang mau bayar nih"
kokoh menghampiri saya sambil berjoget dan tersenyum "30 ribu neng"
Saya tersenyum lebar kepadanya sambil mengeluarkan uang, terlihat muka bingung nya melihat saya berseri sekali melihatnya. Pasti dia Ge-er. hahahaaaa..
"makasih pak, sambil menjabat tangannya"
Terima kasih atas servis si putih dan terima kasih telah mengajarkan berbahagia dalam menjalani hidup dengan cara yang sederhana.
Esok, saya akan lebih bersemangat dalam bekerja dan menghadapinya dengan bahagiaaaaa..
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar